Wednesday, June 14, 2017

Singapore Trip 2017 - Day 4 - The End

Last day di SG, malam nya balik jakarta. Hari ini karena ga ke tempat wisata, jadi hampir ga ada foto2 ya, maafkann >.<

Day 4 - 28 Mei 2017
Rencana hari ini cuma ke vihara di Chinatown, sama beli bee cheng hiang, sisanya santai, hehehe...

Pagi2 cuma sarapan roti (buat gw) sama pop mie (buat hubby) yang dibeli semalam di 7eleven, trus kita ke Buddha Tooth Relic Temple di Chinatown. Disini murni cuma mengunjungi aja n sembahyang, trus beli bee cheng hiang yang searah balik ke apartemen.

Akhirnya dapet juga bee cheng hiang nya, tebak totalnya berapa di bon???

.....

.....

..... 334 sgd. Lol

Itu baru bon gw (digabung sama hubby + titipan sepupu nya hubby tapi dia beli nya dikit), belum punya ortu n koko gw, hahahaha... Gila ye bok udah sampe 3juta lebih aja!

Sepupu nya hubby nitip beli ini
pict from here

Berhubung bee cheng hiang yang terkenal ya bakkwa, jadi gw sama sekali ga pehatiin produk2 dari bee cheng hiang yang lain, seperti si puffed rice seawed roll ini. Kata sepupu nya hubby, waktu itu dia nyobain dan beli nya di bandara Changi, trus dia suka banget, tapi cari di bee cheng hiang di jakarta belum masuk yg produk itu, jadinya begitu gw ke SG lagi, dia nitip deh.

Oiya, karena di bee cheng hiang belanjaan nya lebih dari 100 SGD dalam 1 bon, tak lupa gw minta untuk GST Refund. Cukup bilang aja sama kasir nya, nanti dia minta passport kita trus dia print untuk GST Refund dan udah bisa tau dari total belanjaan kita itu bisa balik ke kita berapa SGD. Kalo gw, dari 334 SGD bisa balik 17 SGD, hehe.

Setelah beli bee cheng hiang, balik ke apartemen untuk packing terakhir yang rapih n langsung digembok kopernya. Trus sempet2 nya gw foto belanjaan coklat gw, wkwkwkwk...
tadaaaaaa....borong coklat

Kelar beres2, cari makan siang dulu di foodcourt, tas nya masih ditinggal. Cari makan yang ga terlalu kenyang, soalnya di bandara Changi pada mau ganjel makanan lagi, pada ketagihan ke kantin karyawan yang sekarang open for public, disitu harganya lebih murah lho. Waktu tahun lalu pertama nyobain makan di kantin karyawan, minuman susu kacang harganya 1 sgd, kalo makanan lupa deh berapa.

Seperti biasa, gw udah jalan menuju bandara bisa 6 jam sebelum jam penerbangan nya, karena naik MRT yang harus nyambung2, pas pindah ke circle line jalan nya jauh, trus mau keliling2 di bandara (plus mijitt!! Lol) jadinya kita pasti udah jalan dari siang walau penerbangan nya malam.

Oiya, yang hubby beli tas kemarin malam di chinatown, langsung dipake donkkk, sekalian buat bawa belanjaan yang ga muat di koper, tapi karena tas yang baru itu lebih gede dari tas eiger yang dia pake, jadinya tas eiger nya gw yang bawa dan tas baru nya dia yang bawa.

Nyampe di bandara langsung masukin bagasi, trus urus GST Refund dulu. Supaya kita bisa cairin GST Refund, kita butuh approval gitu. Biasanya setelah masukin bagasi, jalan sedikit udah langsung keliatan sih plang GST Refund, kalo ga ketemu plang nya paling tanya ke petugas bandara / information center.

Untuk kertas berisi approval nya, pake mesin yaaaa.... Yang perlu kita siapin yaitu passport dan barcode yang dikasih dari tempat kita belanja. Jadi kalo gw, dari bee cheng hiang nya kasih gw 2 kertas yang udah di steples, 1 kertas bon dan 1 kertas lagi mengenai GST Refund dan ada barcode nya.

1. Pertama, scan passport, trus akan keluar data kita, sepeti nama lengkap, tanggal lahir, dsb..Kita cek dulu sesuai apa ga data kita, trus klik Next,
2. Lalu ada isi tanggal kedatangan kita di SG, sama tanggal pulang. Kalo tanggal pulang, udah otomatis terisi tanggal hari itu. Setelah itu pilih Next.
3. Ada isian lagi apakah kita di SG sebagai pelajar atau bukan, kalo bukan kita lewatin aja pilih Next lagi.
4. Setelah itu scan barcode dari kertas yang dikasih dari tempat belanja. Cara scan nya. hadap nya gimana, ada koq langkah2 nya berupa ky video gitu, sebelum kita pilih button Scan untuk memulai scan.
5. Setelah berhasil scan, akan keluar perincian belanjaan kita (item nya, total di bon, dll). Cek lagi bener apa gak, trus ada pilihan Scan More (jika ada), kalo gak ada klik Next.
6. Akan keluar print-an bahwa APPROVED.
7. Setelah itu tinggal cairin duitnya, tapi untuk ambil duitnya setelah imigrasi.

Nah, pas di mesin nya itu, gw liat ada yang barang2 belanjaan nya diperiksa sama petugas, ky inspeksi gitu. Setelah selesai gw di mesin sempet liat yang diperiksa, belanjaan mereka di koper penuh dengan yang merk branded, jadi nilainya lumayan besar, mungkin di mesin nya gak approved, sehingga butuh diperiksa dulu sama petugas.

Gw juga sempet salah, gw kira setelah di mesin itu, gw juga harus ke si petugas itu dulu. Udah antri n giliran gw maju, kasih liat print-an kertas APPROVED, petugas nya bilang langsung masuk aja ke imigrasi trus ambil duitnya di counter GST Refund. Noted! ^^

Abis itu, kita ga langsung ke imigrasi donk, mau ke kantin karyawan dulu. Kemarin ini gw naik Garuda Indonesia di terminal 3 bandara Changi, tahun lalu kita tau kantin karyawan itu ada di terminal 1 & terminal 2. Jadi kita perlu naik train ke terminal 2.

Oiya, train di bandara gratisss ya teman-temann, bisa bebas bolak-balik terminal 1, 2, dan 3 kalo waktunya masih panjang.

Gw ke terminal 2 dulu, karena kita pikir biar cuma beda 1 station. Abis itu jalan ke paling ujung, tapi belum nemu plang nya, jadinya nanya ke bagian information. Ternyata di terminal 2 udah tutup, adanya di terminal 1. hiksss...naik train lagi deh dari terminal 2 ke terminal 1. Jalan ke paling ujung, nemu plang nya untuk naik lift menuju kantin.

Begitu sampe kantin, ternyata tempat nya udah renovasi, lebih rapih, lebih cerah, dan ga keliatan sumpek jadinya. Karena kebanyakan masih lumayan kenyang, jadi cuma beli 2 makanan buat makan rame2. Beli minum susu kacanglagi tentunya, dan harganya masih sama 1 SGD, hoho :D

Abis makan, nyantai sebentar, trus kita ke imigrasi. Soalnya masih harus urus GST, dan pada mau beli duty free (titipan). Setelah lewatin imigrasi, cari untuk GST Refund nya, dan akhirnya cair juga deh tuh duit, wkwkwkwk...bisa untuk beli 1 botol wine yg ukuran 200an mL lhoo.

Nah, beli duty free nya passport gw kena donk dipinjam sama hubby untuk beli yg wine gitu, karena kita taunya 1 passport cm boleh 1 botol, sedangkan hubby mau beli lebih dari 1 botol. Tapi pas bayar di kasir, ternyata 1 passport 1 botol untuk beli yg ukuran 1 liter. Kalo beli cuma yg ukuran 200an mL, 1 passport bisa untuk beberapa botol. Kemarin ini passport gw kepake untuk beli 4 botol ukuran 200an gitu. Eh begitu kelar, dia beli lagi 2 botol, kali ini baru pake passport dia, hahahaha..

Udah kelar semua, waktunya masih lumayan lama sebelum masuk gate, jadinyaa...cari kursi yg buat mijit donk tentunya! hehehe...

akhirnyaaaaa...mijit juga :D
Setelah nyantai2 mijit, kita jalan menuju gate. Pas lagi jalan, eh nemu butterfly garden, jadinya liat2 dulu sebentar.
Bener2 cuma liat trus foto, udah gitu langsung ke gate.

Untuk masuk gate, ada pemeriksaan barang2 handcarry lagi yaa, dan scan tubuh. Baru kali ini gw scan tubuhnya pake sistem yang beda. Biasanya cuma lewatin sensor gitu, kalo di sensor bunyi baru diperiksa lebih lanjut. Waktu gw kemarin, sistem nya gini :
masuk ke tempat yang petugas nya arahin, trus di lantainya ada tanda telapak kaki gitu, kedua kaki kita ikutin di atasnya tanda itu, tangan nya diangkat, trus mulai deh di scan tubuh yg ada cahaya nya menelusuri dari kiri ke kanan.

Oiya, tahun ini dari saat gw sampe di bandara Changi, pemeriksaan ketat banget lho. Biasanya kan turun pesawat trus masuk terminal, ga ada pemeriksaan apa2 ya, tapi sekarang ada pemeriksaan lagi... Turun pesawat, masuk terminal, ada pemeriksaan barang2 handcarry dan tubuh kita lewatin sensor nya. Mungkin gara2 belakangan ini banyak isu soal teroris atau juga soal ISIS, jadinya di bandara juga diperketat semua.



Dannn...sekian cerita trip gw. Akhirnya kelar juga postingan nya setelah postingan ini mengendap beberapa hari di draft dikarenakan kerjaan gw yg sibuk banget, hehehe...








4 comments:

  1. hahahahaha itu doyan apa doyan sampe belanja dendeng 334??? Manteb hehehehe yang penting enak yah. blom pernah mampir loh ke butterfly garden nya, bagus gak? hehehehe seru yah jalan jalan ke sg

    ReplyDelete
    Replies
    1. doyann ciiiii, wkwkwkw...untuk aku pribadi sendiri di rumah pasti beli yg 1 kg soalnya, trus aku lg ada rezeki lebih ci, jadi mau ngasih buat tmn2 genk aku 1 bungkus per orang, jadinya segitu dehhhh, hahahaha.

      butterfly garden nya udah mau ke gate sih ci, jadi mungkin beda2 di terminal berapa n gate mana. Iya seru, kali ini fokus nikmatin, ga mikirin kekep dompet, hihihi

      Delete
  2. Yanti kmu belanja bee cheng hiang banyak banget hahaha.. Kalo dipajang fotonya mungkin aku bisa ngiler berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. tashyaaa, demen bee cheng hiang ampe bisa ngiler? ada foto tapi ga semua, itu juga foto karena mau perbandingan yg 1 kg, 500gram, sama 300gram, hahahaha

      Delete